VISI,MISI DAN TUJUAN PRODI PAI
VISI
“Terbinanya pusat pengembangan pendidikan dan keguruan Pendidikan Agama Islam yang professional, religius, berwawasan moderasi beragama dan mampu berkompetitif di tingkat Nasional pada tahun 2030”
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang memiliki kompetensi sesuai dengan keahliannya.
- Melaksanakan penelitian dibidang guru PAI guna mengembangkan ilmu ke-Islaman dan pendidikan ke-Islaman
- Mengadakan pengabdian masyarakat dalam rangka pengembangan pendidikan Islam
TUJUAN
- Menghasilkan guru lulusan PAI yang memiliki standart kompetensi akademik di bidang ilmu keguruan yang berbasis keislaman
- Menghasilkan karya penelitian yang berkualitas sehingga dapat dijadikan bahan rujukan untuk pengembangan pendidikan agama islam
- Menghasilkanpola pemberdayaan masyarakat berbasis riset pendidikan Dan nilai-nilai keislaman.
PROFIL LULUSAN
Kompetensi utama lulusan akan membentuk mahasiswa PAI STAI JM Tanjung Pura menjadi pendidik Pada Satuan Pendidikan ditingkat (SD/MI, SMP/MTs, MA/SMA/SMK dan Sederajat) Pada pelajaran PAI di Satuan Pendidikan Umum dan Pada Pelajaran Lingkup PAI : Qur’an Hadits (QH), Aqidah Akhlak (AAK), Fiqih dan Sejarah Kebidayaan Islam (SKI) dengan profesional, terampil dalam mumpuni tugas di satuan tempat tugas, menjadi praktisi pendidikan, Asisten Peneliti, Entrepreneur Pendidikan (edupreneurship), serta mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara profesional dengan indikator sebagai berikut:
- Memahami konsep dasar pendidikan Islam dan keilmuan yang terpadu;
- Memiliki pemahaman dalam mendidik dan membina peserta didik sesuai ajaran Islam;
- Memiliki pengetahuan bidang pengelolaan pendidikan tingkat satuan pendidikan;
- Menguasai Konsep, Metode dan Model pembelajaran PAI sesuai dengan karakteristik peserta didik;
- Memiliki kemampuan merawat dan membina peserta didik;
- Mampu bekerja sama (team work) dengan teman sejawat pada satuan pendidikan tempat tugas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran;
- Mampu mengelola pembelajaran berbasis Religius;